Weblog Serba Serbi

Jurusan Teknik Pertanian UGM, Sudah Taukah Anda??

000_1247
Tahun ajaran baru 2009 telah datang, tentu bagi seluruh pelajar di indonesia ini menjadi saat saat yang sangat urgent. Mereka akan menghadapi ujain akhir nasional dengan target nilai yang harus dicapai sebagai syarat utama kelulusan. Tak hanya itu, merekapun harus mempersiapkan untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal yang paling menjadi sorotan pada setiap menjelang tahun ajaran baru adalah proses seleksi mahasiswa baru. Bagi pelajar tingkat SMA sederajat, mereka harus berusaha ekstra keras karena disamping mereka harus mempersiapkan diri untuk mencapai target nilai untuk kelulusan, merekapun harus mempersiapkan untuk seleksi di perguruan tinggi. Hingga saat ini, beberapa perguruan tinggi khususunya PTS telah membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru bahkan dengan sistem tes komputer peserta bisa langsung mengetahui hasil seleksi tersebut tanpa harus menunggu lama.

Hal yang menjadi pertimbangan utama dalam menentukan jurusan apa yang akan diambil adalah bagaimana kulitas ataupun kompetensi jurusan tersebut, bagaimana kurikulum dijurusan tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, intinya apakah setelah lulus dari jurusan tersebut akan mudah mendapatkan pekerjaan. Faktor kredibilitas dari perguruan tinggi adalah hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas atapun tingkat keberhasilan alumninya. Kredibilitas baik akan diperoleh jika terbukti alumni dari perguruan tinggi tersebut mampu bersaing di dunia kerja. Kredibilitas yang baik akan menjadikan suatu perguruan tinggi cukup favorit bagi kalangan pelajar tingkat SMU untuk melanjutkan studinya, sehingga tentu bibit-bibit yang masukpun merupakan bibit unggulan dan ini akan semakin meningkatkan kredibilitas perguruan tinggi tersebut.

Indonesia tentu memiliki sejumlah perguruan tinggi favorit, salah satunya adalah UGM yang saat ini secara umum mungkin merupakan PTN nomor satu di Indonesia (peringkat webometrics) dan kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak jurusan yang tersebar di sekitar 18 fakultas di UGM, ada yang sudah cukup tenar namun ada juga yang belum begitu terkenal. Salah satu jurusan yang ada di UGM adalah Jurusan Teknik Pertanian. Jurusan ini sudah ada cukup lama dan merupakan salah satu jurusan favorit di AGRO KOMPLEK. Jurusan ini telah melahirkan sejumlah tokoh dan alumni sukses diberbagai bidang yang mungkin tidak dapat dihitung lagi.

Jurusan ini memiliki 3 bidang kajian studi yaitu Teknik Produk dan Pascapanen (TPP), Energi dan Mesin Pertanian (EMP) dan Teknik Sumberdaya Alam Pertanian (TSAP). Banyak orang memandang jurusan ini sebagai salah satu jurusan yang lapangan kerjanya sempit, namun kenyataannya jurusan ini sangat favorit bagi sejumlah perusahaan. Alumni jurusan Teknik Pertanian banyak tersebar di Perbankan (BI, Mandiri,BRI,BCA,BNI dsb.), Agrobisnis (ASTRA Agro,Sampoerna Agro,Triputra,Sugar Group Companies, Sinarmas dsb), PNS (Deptan,Litbang, LIPI,BPOM, Bulog, Bapeda, Dephut,Deperind, Dosen dsb.), Wirausaha, Swasta dan bidang lainnya. Disektor perbankan, beberapa bank besar selalu merekrut alumni yang berbasis ilmu agro untuk posisi pimpinan dimassa mendatang (officer development program) dan jurusan ini selalu ambil bagian bahkan pada tahun 2008 salah satu Bank Besar menawarkan EDP (Early Development Program), suatu program untuk merekrut mahasiswa semester akhir (semester 7-8) yang belum lulus dan selama kuliah akan diberi beasiswa kuliah dan uang untuk tugas akhir, begitu selesai kuliah mahasiswa akan langsung ditraining sebagai pegawai bank tersebut. Jurusan ini mengirim beberapa mahasiswa dan salah seorang mahasiswa berhasil lolos sampai tahap akhir. Selain perbankan, alumni yang menjadi wirausaha sukses juga tergolong sangat banyak, bahkan beberapa alumni yang belum lama lulus dan aktif di berbagai kegiatan kewirausahaan berhasil membuat beberapa unit usaha berbasis produk lokal sampai di tingkat ekspor. Terkadang orang tua lebih bangga memilih/menguliahkan putra-putri mereka pada jurusan yang terbilang “WAH KEREN” tapi tidak melihat reputasi dari universitasnya. Meski Teknik Pertanian UGM kurang begitu “WAH” dari segi nama jurusannya, namun reputasi dan kredibilitas jurusan ini sangat bagus dan sudah teruji. Terbukti dari beberapa tahun terakhir ini permintaan tenaga bidang teknik pertanian dari sejumlah instansi ternama baik swasta maupun pemerintah semakin meningkat, hal ini karena kinerja dari alumni pada beberapa instansi tersebut sangat memuaskan. Bekal yang diberikan jurusan mampu menghasilkan alumni yang berkualitas. Jadi jangan ragu untuk belajar di Jurusan Teknik Pertanian UGM.
(www.tep.tp.ugm.ac.id).

31 comments on “Jurusan Teknik Pertanian UGM, Sudah Taukah Anda??

  1. kasih
    May 21, 2009

    maz bisa kasih taw ga keuntungan2 lain kalo ngambil jurusan teknik pertanian??
    trus biasa nya yang di pelajari di dalam nya itu ap aj?
    mz kuliah di situ jg?

  2. kasih
    May 21, 2009

    makacih sebelumnya… 🙂

  3. Mustofa
    June 29, 2009

    Oke deh mas, ngomong2 suasana di jurusan teknik pertanian UGM tuh gmn?

  4. Icha
    August 29, 2009

    emang diajarin apa aja si disana?
    thx..

  5. dtoe
    November 21, 2009

    bener banget mas..
    ga nyesal masuk TEP..

  6. Welly
    December 6, 2009

    mantep coi……aku anak tep 09…….

  7. inaz
    December 16, 2009

    yg d ajarin apah ajah kalo d pertanian ??
    sya btuh info krn sya ingin masuk teknik pertanian ugm 2010-2011 ..
    mksii sblom.ny😀

  8. CHANDRA
    December 17, 2009

    teknik pertanian fakultas teknologi pertanian UGM beda loh dengan pertanian
    ada bidang energi mesin belajar ttg desain,prinsip kerja dan hal2 yg berkaitan dengan mesin dan alat2 pertanian (traktor,mesin penggiling padi,pengupas kacang, dsb).bidang teknik pangan dan pasca panen belajar teknologi pacsa panen dan perancangan alat pengolah produk pertanian (nose electronic dsb),bidang teknik sumberdaya alam pertanian lebih banyak kelapangan belajar ttg konservasi tanah air,iklim,sistem informasi geografi yg kitannya dengan bidang pertanian.liat aj webnya: tep.tp.ugm.ac.id.Sampai bertemu dijurusan teknik pertanian

  9. aji
    March 3, 2010

    saya punya penggilingan kopra, dan sampai saat ini saya belum bisa membuat minyak goreng yang layak dikonsumsi. saya sudah menerapkan cara pemurnian minyak yang saya dapatkan dari buku2, tp hasilnya tetap kurang memuaskan, rasa dan bau blum bisa hilang dengan tuntas. yang saya tanyakan adalah apakah di tehnik pertanian UGM ini sudah bisa melakukan proses pemurnian minyak goreng dari kopra tersebut?terimakaih..

  10. CHANDRA
    March 5, 2010

    ada salah satu staff yg sedang belajar teknology membran dan beliau sendiri berkeinginan utk mengaplikasikannya
    termasuk utk pemurnian minyak kopra. sy baru saja memberi alamat email anda ke beliau, mungkin dlm waktu dekat belau akan mengontak anad lwt email.

  11. h0404055
    April 4, 2010

    makasih informasinya
    silahkan kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
    terdapat artikel lain yang bermanfaat, dan kalau berkenan tolong dikasi komentar. Terima kasih.

  12. Ardian
    April 14, 2010

    biaya kuliah di fakultas teknik pertanian berapa y?

  13. mita
    April 17, 2010

    mas sy ingin myakinkan orangtua sy bahwa teknik pertnian itu ckup bgus utk kdepan. . Krn hsil um.ugm kmarin sy dterima di fakultas teknologi pertanian ini

  14. CHANDRA
    April 20, 2010

    ardian..biaya kuliah sama dengan jurusan eksakta lainny..

  15. CHANDRA
    April 20, 2010

    mita..thn lalu ad sekitar sepuluh orang ditrima di bulog..teman seangakatan saya banyak bekerja di bank besar , di departemen miliki pemerintah dan di perusahaan swasta yang besar. Mereka sebagian besar diposisi officer (calon pimpinan) dengan gaji yg besar..sy dengar di PTPN di jawa gaji awal mencapai 7 juta/bln..PTPN di luar jawa sekitar 13 jt/bulan…intinya bukan hanya sekdar IPK saja (nilai kuliah)..tapi mereka juga didukung dengan soft skill /leadership yang baik sehingga bisa dengan mudah diterima dimanapun mereka mendaftar..penguasaan bahasa inggris juga sangat penting untuk mencari kerja..kalo kuliah di UGM/perguruan tinggi TOP lainnya insya allah iklim/suasana akademiknya bagus mendorong mahasiswa untuk menggali potensinya secara maksimal..selain itu sebagian besar dosennya lulusan luar negeri dari universitas-universitas TOP didunia..mereka pola pikirnya maju, networknya luas dan itu diterapkan di kehidupan akademik di UGM..

  16. mita
    April 21, 2010

    tapi untuk 5tahun kedepan bagaimana mas kira2 ? terima kasih infonya cukup membantu

  17. Ridho
    May 5, 2010

    ass wr. wb

    mas saya ingin bertanya materi apa saja sih yang nantinya akan di pelajari apakah dalam teknik pertanian juga akan belajar seperti halnya teknik industri, elektro, kimia atau teknik lainnya……

    dan untuk masa depan jurusan ini bagaimana untuk kedepan nya …..terima kasih

  18. enirahma
    September 16, 2010

    mas saya kan tahun depan insyaALLAH lulus SMA dan saya pengen banget bisa masuk jurusaan ini.
    apakah mas bisa ngasih kiat-kiat biar saya bisa di terima.?

  19. enirahma
    September 22, 2010

    ass
    mas saya boleh tahu tipsnya biar bisa di terima di fakultas ini tahun depan gak.?
    kalo bisa tolong di jawab… makasih

  20. CHANDRA
    October 19, 2010

    masuknya lewat UM UGM dan beberapa jalur. lihat aj web ugm (um.ugm.ac.id)..usahakan ikut dari tahap seleksi jalur PBS..kalo tidak lolos juga bisa lewat UM UGM dan terakhir lewat jalur SNMPTN..Tipsny ikut try out/belajar soal soal UM UGM untuk mengetahui tipe dan tingkat kesukaran soal soalnya..bila perlu ikut bimbingan belajar/tes untuk um ugm..dan yang terpenting adalah adanya kemauan dan usaha/kerja keras untuk belajar serta tidak lupa berdoa, karena pada prinsipnya soal2nya biasanya sudah diberikan semua di SMU, jadi bagi yg rajin belajar insya allah tidak ad kesulitan yg berarti…

  21. CHANDRA
    October 19, 2010

    Ridho: ada tiga konsentrasi studi yaitu mekanisasi/mesin mesin pertanian, teknik pangan dan teknik sumberdaya alam pertanian. selenhkapnya bisa dilihat di http://www.tep.tp.ugm.ac.id. di wb tsb sudah jelas memberikan gambaran mengenai jurusan ini, termasuk untuk program master dan doktornya..

  22. CHANDRA
    October 19, 2010

    kalo saya berprinsip, selama manusia masih butuh makan maka sektor pertanian tidak akan pernah hilang…
    kecenderungannya beberapa tahun ke depan jumlah penduduk semakin bertambah, khususnya negara negara berkembang berarti kebutuhan pangan akan semakin meningkat pula…ketahanan pangan (food security) akan menjadi prioritas utama bagi masyarakat dunia…

  23. ro
    December 2, 2010

    mas lok jrsan teknik pertanian itu gelarnya apa ST?dan teknik prtanian itu d ugm akreditasinya apa?
    n lok d tnjau dri sgi pluang krja antra menejemen ugm,sm teknik prtanian ugm bgsan mna?

  24. CHANDRA
    December 28, 2010

    ro/anggara rolis: jurusan teknik pertanian (JTEP) berada di fakultas teknologi pertanian (FTP) (kunjungi : tp.ugm.ac.id) bersama dengan jurusan TIP dan TPHP..gelarnya STP (sarjana teknologi pertanian) utk jenjang S-1 dan M.Sc. (Master of Science) untuk jenjang S-2. Semua jurusan itu peluang kerjanya sama, pilihlah universitas yang ternama seperti UGM yg kredibilitasnya tidak diragukan lagi. Biasanya perusahaan/instansi besar/kecil kalo menerima pegawai untuk posisi officer selalu diambil dari lulusan universitas-universitas ternama seperti UGM dan jurusan apapun biasanya bisa, namun ad juga yg terbatas untuk jurusan tertentu. Mengenai bagaimana anda mendapatkan pekerjaan setelah lulus itu tergantung anda. Untuk dapat diterima kerja dengan mudah selain didukung dengan kemampuan akdemis juga harus didukung kemampuan lain (soft skill) seperti leadership, kemampun komunikasi, kemampuan bahasa asing (seperti TOEFL,IELTS dsb.) di UGM semua itu difasilitasi dengan baik karena UGM sendiri merupakan universitas besar.

  25. asdar
    January 17, 2011

    haloo dik…piye kabare…suwe ra jamu lan mojok ning kantin FTP, sekalian bal-balan FC.Tracktor….klw punya silabus mata kuliah jurusan teknik pertanian, tolong email ya? aq butuh buat komparasi di almamaterku sekarang. thanks n sukses selalu. amin

  26. Immanuel Sitohang
    February 20, 2011

    @all: susah ga kalau ngambil teknik pertanian,…,
    Terus pa ja yg harus di kuasai???

  27. dhania
    May 24, 2011

    mau nanya. susah gak sih ngikutin pelajaran di teknik pertanian, khususnya perempuan ?

    makasih😀

  28. Riizzqan SiitoalToel
    June 12, 2011

    ???

  29. Yuda Wahyu Satyo Putro
    June 30, 2011

    Alhamdullilah saya diterima di TP UGM mas:)

  30. d'tieh moelyanie
    February 17, 2012

    teknik pertanian peminatnya banyak gug sic ??
    trus msk tp itwh susah gug ? asyik gug ?

  31. M.aditya
    May 26, 2012

    masuk teknik pertanian, apa yg harus sangat di kuasai kak
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 28, 2009 by .

Navigation

%d bloggers like this: